Tinggal Dua Daerah Belum Tetapkan Kelulusan CPNS Baru



JAKARTA - Menginjak hari kedua di bulan Februari, masih ada saja daerah yang bertahan belum menetapkan kelulusan CPNS dari pelamar umum. Kedua daerah tersebut berada di wilayah Kalimantan Timur, yakni Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Barat.

Menurut Karo Hukum dan Komunikasi Informasi Publik (KIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman, pemerintah terus melakukan pendekatan persuasif agar kedua daerah tersebut mau mengumumkan hasil TKD-nya.

"Tadinya posisi Kamis (30/1) masih tiga daerah di Kaltim belum mau umumkan. Namun yang satu sudah menyatakan akan umumkan. Jadi tiggal Kutai Timur dan Barat yang masih bertahan," kata Herman yang dihubungi, Minggu (2/2).

Sikap menunggu kedua daerah tersebut, lanjutnya, karena hasil TKD yang memenuhi passing grade didominasi pelamar dari luar daerah. Ada kekhawatiran daerah, hasil tersebut akan menimbulkan kemarahan putra asli daerah.

"Sebenarnya, tidak perlu takut untuk mengumumkan. Daerah bisa mengeluarkan aturan mengikat bagi putra luar daerah agar tidak pindah ke daerahnya sebelum masa kerjanya selesai, misalnya tidak boleh pindah kerja sebelum lima tahun atau 10 tahun bekerja," tandasnya.

Herman optimis, Kutai Timur dan Barat akan mengumumkan hasil TKD-nya secepatnya. Mengingat pemberkasan CPNS baru hanya sampai akhir Februari.

No comments:

Post a Comment